Learn and Share your Electrical-Power Knowledge

Switchgear

Salam Power,

Setelah kita mengetahui informasi dasar mengenai Generator dan Trafo, switchgear dan kadang-kadang istilah MCC menjadi sering kita dengar. Switchgear adalah sebuah terminology dari sebuah perangkat atau kita seringnya panel yang berisi  fungsi kontrol, proteksi (relay), dan juga perangkat pengukuran arus dan tegangan. Ada juga istilah MCC yaitu kepanjangan dari Motor Control Center yang berarti hampir sama dengan Switchgear, namun MCC menjadi lebih khusus untuk istilah beban ke motor-motor listrik.
Switchgear dilapangan adalah sebuah panel penghubung dari sumber daya (power) yang digunakan untuk sistem distribusi ke beban-beban di Power Plant. Switchgear pada umumnya terkelompok berdasarkan level tegangan, tegangan menengah (6.3 kV) dan tegangan rendah (0.4 kV). Tentunya ketika switchgear ini berfungsi untuk menyalurkan daya ke beban listrik, memiliki sejumlah parameter misalnya ampacity atau maksimum arus yang bisa dialirkan, Short Circuit Level yaitu kemampuan busbar dalam menahan arus besar ketika terjadi arus hubung singkat. Beberapa komponen utama di dalam panel swithgear ini adalah sebagai berikut:

  1. Disconector; berfungsi untuk menghubungkan atau memisahkan aliran listrik secara mekanik.
  2. Switches; mirip dengan disconector tetapi memiliki fungsi tambahan menghubungkan memutus arus (interupting) dalam kondisi beban lebih (overload) misalnya.
  3. Earth switch; menghubung atau memutuskan konduktor dengan tanah.
  4. Fuse; sebagai pembatas arus lebih (proteksi arus lebih)
  5. Contactor; sebagai penghubung atau pemutus yang memiliki kemampuan penghubung dan pemutus yang lebih sering pada fungsi switches.
  6. Circuit Breaker; sama fungsi dengan switch, contactor, namun memiliki kemampuan dalam menahan arus pada kejadian arus hubung singkat dan juga memiliki pengendali percikan api/arcing.

Switchgear dalam aplikasinya, kita bisa melihat piranti-piranti relay proteksi, dan alat ukur yang ada di depan panelnya. Sehingga dengan demikian, fungsi switchgear merupakan fungsi yang sangat penting dan tidak terlepas dari kesatuan distribusi di Power Plant

Semoga bermanfaat,

image source: http://www.abb.com/cawp/seitp202/ffc31ce14f15d7adc1257b27005157c1.aspx

 

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *