Learn and Share your Electrical-Power Knowledge

Single Line Diagram (One Line Diagram)

Salam Power,

ketika kita baru masuk dalam duni kerja, pasti sempat kita mendengar kata single line drawing, lalu apa itu sebenarnya? Single line drawing atau yang disebut orang sebagai one line diagram adalah sebuah gambar teknis elektrikal yang menjajikan hubungan sistem baik tiga fasa atau satu fasa dari sumber-sumber listrik misal generator, trafo, bus bar, breaker, dan peralatan-peralatan listrik yang lain, seperti beban motor, yang digambarkan dengan satu garis yang menghubungkan satu sama lain.

Single line diagram mempunyai tujuan untuk menyederhanakan hubungan elektrikal yang lebih sederhana, dengan melihat dimana sumbernya dan dimana beban-beban sistem tersebut, meskipun sebenarnya dalam kenyataannya hubungan itu bisa dengan tiga fasa, atau tiga kabel. Dalam single line digram berisi beberapa informasi antara lain:

1. Spesifikasi dari mesin-mesin listrik, misal tegangan motor dan generator, frekuensi, dan kapasitas
2. Kuat hantar arus (Ampacity) di busbar.
3. Hubungan sinyal trip dari sebuah relay proteksi dan breakernya.
4. ukuran kabel yang dipakai untuk menhubungkan sumber dan beban
5. Daftar relay-relay proteksi yang tertanam dalam mesin-mesin listrik tersebut, dst.

Sehingga, dengan mengenal apa itu single diagram atau dalam istilah lain one line diagram, setiap orang akan mudah memahami sistem elektrikal dalam suatu pembangkit. Dan proses-proses electrikal pun dapat dijelaskan dengan sederhana kepada orang yang non-elektrikal sekalipun. Dan tidak lupa bahwa, semua kunci dari pekerjaan atau analysis dari suatu sistem eletrikal, single line diagram ini menjadi wajib hukumnya untuk diketahui dan diperbaharui.

Semoga bermanfaat,

»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *